Dengan peningkatan dan kemajuan jaman mari kita tingkatkan kesenian untuk mengapresiasikan seni tari modern,dengan begitu menjadikan para remaja sekarang minat terhadap apresiasi seni pada dasarnya seni tari.

Rabu, 05 November 2008

apakah seni tari?

Seni merupakan salah satu unsur kebudayaan yang bersumber pada rasa , yakni rasa keindahan. Secara luas seni tradisi meliputi jenis kesenian rakyat dan jenis kesenian keraton, diantaranya adalah seni rupa, seni musik, dan seni lainnya termasuk seni tari.

Seni tari merupakan salah satu unsur kebudayaan yang diwariskan oleh generasi dahulu kepada generasi selanjutnya secara turun temurun. Pewarisan tersebut menjadikan seni tradisi sebagai identitas dari suatu masyarakat dimana seni tersebut hidup.

Maka dari itu usia remaja merupakan kelompok usia atau merupakan generasi yang akan mewarisi dan meneruskan warisan- warisan dari generasi pendahulunya, diantaranya adalah mewarisi dan meneruskan kesenian dari generasi sebelumnya atau yang biasa disebut sebagai seni tari.

Hal yang perlu disadari yaitu bahwa seni tari sama sekali tidak bersifat statis. Banyak pihak yang berpendapat bahwa seni tari merupakan sesuatu yang statis dan hanya dapat dilestarikan secara turun temurun dari nenek moyang, kestatisan ini lah yang kemudian akan membawa kepunahan bagi seni tari itu sendiri, dimana zaman/ waktu akan selalu berubah seiring dengan berubahnya pola pikir manusianya. Kreativitas adalah salah satu cara untuk menghindari kepunahan. Kita senantiasa dapat mengembangkan seni tari tersebut agar seiring dengan perubahan zaman, dengan catatan tanpa merusak esensi ataupun nilai yang terkandung dalam seni tari tersebut.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda


ShoutMix chat widget
Glitter Photos
[Glitterfy.com - *Glitter Photos*] Glitter Photos
[Glitterfy.com - *Glitter Photos*]